15 Film yang Dapat Membantumu Melewati Fase Quarter-Life Crisis

15 film yang dapat membantumu melewati fase quartel-life crisis

Masih bergulat dengan quarter-life crisis? Hmm .... Tidak mudah memang untuk bisa melewati masa-masa sulit itu. Aku masih ingat betul seperti apa rasanya. Hari-hari berlalu dengan kegalauan yang tiada henti-hentinya. Terlebih ketika orang-orang disekitar kita tidak tahu tentang apa yang sedang melanda diri kita. 

Tapi beruntungnya, karena kepribadianku yang ekspresif, aku selalu mencoba untuk melakukan apa-apa saja sesuai dengan apa yang aku rasakan. Seperti, ketika sedang sedih karena putus cinta (ini hanya sekedar contoh dan bukan curhat yang membawa-bawa perasaan), aku akan mendengarkan lagu-lagu patah hati, menyanyikan lagu-lagu itu dengan penuh perasaan (kadang dengan memainkan gitar), menghayatinya. Dan mengulanginya. Tapi sampai kapan? Sampai semua kesedihan itu tuntas!

Tapi bagaimana kalau hal itu bisa membuat kita semakin sedih dan susah untuk bangkit? Ya ... kebanyakan orang pasti berpikir demikian dan berusaha untuk berontak seperti 'kalau sedih itu jangan mendengarkan lagu-lagu yang bisa membuat semakin sedih, dengarkan lagu yang happy-happy saja' dan lain sebagainya. Tapi, kita jangan sampai lupa akan satu hal, kita ini manusia. Karena kita adalah manusia, hati kita adalah saksi paling jujur atas apa yang tengah melanda kita. Kita tidak bisa membohongi hati kita sendiri. Ketika hati kita terluka, kita akan bersedih. Ketika hati sedang bahagia, kita akan bergembira. Sesederhana itu. Lalu?

Yang perlu kita lakukan adalah berdamai dulu dengan hati kita, menuruti dulu apa yang menjadi keinginan hati kita, merilis semuanya, dan ketika sudah tuntas ... ambil momen untuk bangkit.

Momen untuk bangkit yang aku maksud disini adalah sesuatu yang dapat membuat kita terinspirasi. Dan itu bisa datang dari mana saja. Seriously. Seperti daftar film yang aku bagikan dibawah ini, banyak inspirasi yang aku peroleh untuk melewati quarter-life crisis yang aku alami setelah menontonnya. Dan tidak hanya aku saja. 

Kenapa film? Karena di dalam sebuah film ada dialog, ada adegan, ada musik dan lagu sebagai iringan, dan yang pasti ada pesan atau pelajaran khusus yang disampaikan. Sebuah paket untuk menghibur diri dan belajar dalam waktu yang sama. Disamping itu, menonton film adalah kegiatan paling umum yang dilakukan oleh orang-orang yang sedang jatuh dalam quarter-life crisis.
Dan berikut adalah rekomendasi film yang dapat membantumu melewati masa quarter-life crisis yang sedang kamu alami.


Dimulai dari film barat:

The Secret Life of Walter Mitty

Walter Mitty, seorang karyawan majalah Life, merasa terjebak dengan pekerjaannya yang monoton, hanya dengan lamunan dan mimpi di siang bolong untuk melarikan diri. Sampai suatu hari, dia memutuskan melakukan sebuah petualangan seumur hidup yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya .... Dari film ini aku mendapatkan sebuah kata-kata hebat yang memberiku inspirasi tanpa batas:
quote

 The Fault in Our Stars

Diangkat dari novel dengan judul yang sama, sebuah kisah yang tidak biasa menurutku. Dua remaja yang sama-sama mengidap kanker (dan menghadapi kematian), jatuh cinta, dan memulai petualangan bersama .... Sebuah film yang akan membuatmu banyak-banyak bersyukur setelah menontonnya.

Paper Towns

Film dengan latar belakang kehidupan remaja SMA bagiku bukan masalah selama ada hikmah yang bisa kita ambil dari sana. Menceritakan seorang bocah pemalu, pergi keluar dengan gadis paling populer di sekolahnya, namun gadis itu menghilang di hari berikutnya.

We're The Millers

Jenaka dan sangat menghibur. Seorang pengedar ganja, penari striptis, bocah dungu, dan gadis punk, mendadak menjadi sebuah keluarga. Aku tidak pernah bosan untuk menonton ulang film ini berulang-ulang.

Harry Potter

Menurutku Harry Potter adalah sebuah mahakarya yang tiada duanya. Semua film dan buku adalah tentang tumbuh dan mengatasi peluang. Serial ini benar-benar memiliki segalanya, hubungan, merasa kehilangan, menemukan diri sendiri, dan banyak lagi. Di samping itu, semua tahu bahwa dunia Harry Potter ini terlahir pada masa-masa sulit penulisnya. Salah satu kisah terbaik yang pernah ada.


Sekarang pindah ke Asian Movies:

You are The Apple of My Eyes

Perjalanan anak manusia dalam menjalani kehidupan sekolah, kuliah, hingga menjemput masa depan dan kedewasaannya. Mungkin film ini akan menjadi film favorit sepanjang masa bagiku. Aku menyarankan untuk menontonnya paling pertama.
quote

Paradise Kiss

Film yang berasal dari Jepang ini bercerita tentang Yukari, seorang gadis remaja yang tidak yakin akan dirinya sendiri, hanya bisa menuruti ekspektasi orang tuanya sampai tidak berani bermimpi. Namun semua haluan hidupnya mendadak berubah ketika dia bertemu dengan geng seniman yang membuatnya sadar akan potensinya dan berani bermimpi.

The Billionaire

Juga dikenal dengan The Secret: Wai Roon Pan Lan, adalah film biografi Thailand yang menceritakan tentang Itthipat Kulapongvanich dan bagaimana dia, pada usia sembilan belas tahun, keluar dari universitas untuk meluncurkan bisnis rumput laut goreng kemasan yang sekarang menjadi Taokaenoi Food & Marketing dan menjadi salah satu miliarder termuda di Thailand.

Highway Star

Sebuah film komedi musikal dari Korea Selatan yang dibintangi oleh aktor ternama, Cha Tae-hyun. Mengisahkan tentang Bong Dal-ho, seorang rocker yang terpaksa berganti haluan menjadi penyanyi trot karena sebuah kontrak yang sudah ditandatanganinya. Pergolakan antara 'ini tidak bukan diriku'  begitu menonjol dalam film ini. Sebetulnya masih banyak lagi film yang dibintangi oleh Cha Tae-hyun yang lainnya yang sarat akan inspirasi.

Penny Pinchers

Dibintangi oleh oppa ganteng, Song Joong-ki. Pengangguran, tidak punya uang dan diusir dari kontrakan karena menunggak, dan masih saja ingin bergaya? 


Dan untuk daftar yang terakhir ini adalah film-film Indonesia:

Tampan Tailor

Topan (Vino G. Bastian) yang berprofesi sebagai seorang penjahit baru saja kehilangan istrinya, kehilangan toko jahitnya, dan nyaris kehilangan masa depan anaknya yang dikeluarkan dari sekolah karena tidak ada lagi biaya. Film inspirasional yang diilhami dari kisah nyata ini mengajarkan kepada kita;
quote

Madre

Kita tidak pernah tahu tentang apa akan yang terjadi di masa depan. Seperti yang dikisahkan oleh film ini, sebuah film yang diadaptasi dari cerpen best seller "Madre" karya Dewi 'Dee' Lestari. Berkisah tentang hidup Tansen (Vino G. Bastian) yang berubah setelah mendapatkan sebuah kunci lemari es warisan almarhum kakeknya yang tidak pernah dia temui seumur hidupnya.

Perahu Kertas

Masih film yang diangkat dari novel karya DeeBiar puisi di bawah ini yang berbicara: 
Aku bukan orang yang lemah
Kalau aku lemah, sudah ku bersembunyi di dasar lembah
Namun aku orang yang kuat
Dengan dagu tercuat
Menggenggam kejujuran erat-erat
Tapi kalau Cuma jadi hantu
Maka aku pun tak tahu
Karena hanya bersama kamu
Segala sesuatunya terasa dekat
Segala sesuatunya ada
Segala sesuatunya benar
Dan bumi hanyalah sebutir debu di bawah telapak kaki kita

Malaikat Tanpa Sayap

Sebuah film yang sangat menggambarkan tentang quarter-life crisis.
quote

Yowis Ben

Tidak hanya sebuah film komedi yang menghibur, tetapi juga syarat akan nilai filosofi yang kuat. Yowis Ben atau ya sudah lah oleh Bayu Skak dianggap memiliki makna yang filosofis seperti 'ketika kamu gagal, ya sudah, it's okay, mulai lagi'. Sebuah penyemangat untuk move on dan melanjutkan apa yang seharusnya kita lakukan.

Ahmad Ali Buni

SUBSCRIBE