Bicara Tentang 'Impian', Apa yang Akan Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA?

By Ahmad Ali Buni - 3/06/2019

apa yang akan kamu lakukan setelah lulus sma?

Jadi, apa yang akan kamu lakukan setelah lulus SMA?

Jika kalian berada pada fase ini, kalian harus memikirkannya betul-betul. Seriously, but relax ... I will help you.

Banyak generasi milenial merasakan dilema pada fase ini. Kehidupan sekolah telah usai, that's true. Waktu untuk bersenang-senang sudah lewat, not me but many people say that. Sekarang waktunya memasuki dunianya para dewasa, and it's the fact. Lalu kalian menyadari bahwa, 'aku sudah bukan remaja lagi sekarang, aku sudah dewasa', ada keputusan yang harus diambil (dari berbagai macam pilihan yang ada) dan itu sangat berpengaruh di masa depan kelak. Pada umumnya seperti; apakah aku harus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? apakah aku tidak usah kuliah tetapi mencari kerja saja? meneruskan usaha keluarga? atau haruskah aku memulai membangun usahaku sendiri? Dan kemudian kalian mulai merenungkannya. Good!

Sebelumnya, ketahuilah, kalian tidak sendirian. Yang semacam ini tidak hanya kalian saja yang merasakannya, orang-orang sebaya kalian juga merasakannya, hampir semua orang merasakannya. Tak terkecuali aku tentunya, namun dengan genre yang sedikit berbeda. You can start from here if you want to read my story. 

Dan untuk penekanan saja, di sini aku tidak akan memberikan saran tentang pilihan mana yang lebih baik atau sebaliknya karena ini adalah hidup kalian. Yang berarti kalian sendiri yang akan menjalaninya, kalian pula yang memutuskannya. Sekali lagi, it's your life.

Tentang pilihan apakah harus melanjutkan kuliah, apakah mencari kerja saja, dan lain sebagainya, sebelum ke situ ada satu hal penting yang harus kalian pikirkan terlebih dahulu. Yaitu ....

Think Of What Your 'Dream'

Impian. Mungkin sebagian dari kalian ada yang sudah memikirkannya. Oh, impianku adalah ini, impianku adalah itu. Aku ingin jadi begini, aku ingin jadi begitu ... dan lain sebagainya. Dan bagi kalian yang belum memikirkannya, pikirkanlah sekarang juga. Kenapa?

To Realize

To realize ... what?

Apa yang orang bilang realistis belum tentu sama dengan apa yang kalian pikirkan. Pada akhirnya kalian juga tahu, mana diri kalian yang sebenarnya, mana yang bukan diri kalian, dan kalian juga tahu apa yang ingin kalian jalani. Dan ... memiliki impian berarti mengetahui siapa diri kalian yang sebenarnya dan apa yang ingin kalian jalani. 

And whuusss ... now you start a journey.

That Will Guide Your Path

Ibarat sebuah perjalanan, impian adalah alamat tujuannya. Setelah kalian memiliki alamat itu, lalu kalian menyadari bahwa ... ternyata alamat itu jauh sekali. Ya, tentu saja. Kita bukan sedang membicarakan alamat sebuah kedai kopi, tapi kita membicarakan tentang impian.

Kembali ke 'perjalanan' .... Ketika kalian memiliki sebuah tujuan aka impian kalian, maka kalian akan mulai mencari tahu jalan mana saja yang dapat mengantarkan kalian menuju ke sana. Bayangkan saja ketika kalian menggunakan aplikasi googla maps, untuk menuju destinasi tujuan kalian, kalian akan disuguhkan berbagai opsi rute yang dapat kalian tempuh. Dari mulai rute dengan waktu tempuh tercepat sampai ke rute yang membutuhkan waktu lebih lama, dari mulai rute terdekat sampai ke jalan alternatif yang sedikit memutar, semua terserah pada pertimbangan kalian mau mengambil rute yang mana.

Atau ... karena mungkin diantara kalian ada yang berjiwa petualang, atau mungkin karena terbatasnya pilihan yang ada, atau bahkan karena tidak adanya akses (karena terhalang oleh keadaan kalian), membuka jalan kalian sendiri bukan hal yang tidak mungkin. Orang-orang bilang 'banyak jalan menuju Roma'. Tapi bagiku, 'akan selalu ada jalan menuju Roma'. There is a will there is a way, right?

You Will Enjoy The Journey

Jika kita melakukan atau mengerjakan sesuatu yang kita inginkan, meskipun itu suatu hal yang berat, sulit, dan begitu menguras diri, kita akan menjalaninya seolah tanpa beban dan menikmatinya. Am I right?

Jadi, ke depannya kalian akan menghadapi yang namanya struggling dan itu pasti. Setiap orang pasti ingin menjalani hidupnya dengan mudah, tetapi harapan yang seperti itu hanya sedikit orang saja yang merasakannya. Sisanya, melalui hari-harinya dengan perjuangan dan kerja keras. Tidak ada hidup yang mudah. Terlebih dalam perjalanan meraih mimpi. Yang seperti itu, bukankah yang membuat genre hidup kita jadi lebih menarik?

In fact, ada dua tipe orang dalam hal ini. Pertama adalah mereka yang berorientasi pada tujuan akhir. Kedua adalah mereka yang berorientasi pada proses. Aku sendiri termasuk tipe yang kedua (ssstt, ini rahasia, hanya kalian yang tahu).
Saat beberapa orang fokus akan impian yang belum tergapai ... aku percaya, perjalanan menemukannya jauh lebih penting daripada tujuan akhirnya.
Hmm .... 

Jadi, apa yang akan kalian lakukan? Bukankah sekarang kalian harus bersiap untuk perjalanan panjang kalian? 😉

  • Share:

You Might Also Like

0 comments