10 Pertanda Kamu Akan Sukses di Masa Depan

10 pertanda kamu akan sukses di masa depan

Kami memandang kepada orang-orang yang kuat dan sukses, tetapi (kebanyakan) orang yang paling dihormati adalah orang-orang yang kaya akan kisah-kisah dalam meraih kesuksesannya atau mereka yang memulai seperti orang biasa dan mengandalkan akal serta usaha mereka sendiri untuk mencapai kesuksesan. Beberapa dari orang-orang ini, bisa jadi tadinya bahkan tidak menyadari betapa besar potensi yang mereka miliki, dan mereka tidak benar-benar peduli: Mereka hanya bekerja keras, dan terus bekerja keras setiap hari.

Jadi, bagaimana kita tahu jika kita memiliki beberapa sifat yang dapat membuat kita meraih sukses dalam hidup? Kamu mungkin menunjukkan beberapa tanda positif dari potensi kesuksesan di masa depan, tapi kamu (mungkin) belum menyadarinya.

Tanda-tanda Kamu akan Sukses, Sudahkah Kamu Menyadarinya?

Sukses tidaknya seseorang memang tidak bisa diukur dengan tolok ukur yang pasti karena setiap pribadi memiliki standarnya masing-masing. Seperti dilansir dari lifehack oleh Ivan Dimitrijevic, seorang CEO dan pendiri perusahaan pemasaran digital yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam manajemen tim, kewirausahaan dan produktivitas, bila kamu telah memiliki 10 pertanda ini, maka kamu memiliki potensi untuk sukses di masa depan.

1. Kamu Pribadi yang Tepat Waktu dan Dapat Diandalkan

Terlebih dalam budaya kita sudah melekat dan lumrah sekali yang namanya jam karet. Diakui atau tidak, pada kenyataannya sulit sekali untuk menemukan seseorang yang dapat menepati janji setiap waktu dan tidak pernah terlambat untuk beberapa momen penting. Inilah alasan kenapa orang-orang yang tepat waktu dan dapat diandalkan begitu dijunjung tinggi dan memiliki reputasi yang akan selalu dipertimbangkan oleh banyak pihak, baik di dunia bisnis maupun di antara teman-teman mereka.

Jika kamu adalah tipe orang yang dapat diandalkan orang lain, dan mampu menjalankan jadwal realistis yang memungkinkan kamu untuk menjadi sangat tepat waktu, maka kamu memiliki potensi untuk mencapai derajat yang luar biasa.

2. Kamu Tidak Takut untuk Mengekspresikan Diri

Banyak orang tidak merasa nyaman menunjukkan perasaan mereka kepada dunia. Kebanyakan dari mereka berpandangan bahwa dengan mengungkapkan diri mereka yang sebenarnya kepada dunia hanya akan membuat mereka merasa terlalu rentan.

Namun, jika kita melihat beberapa seniman modern yang paling sukses dan diakui secara luas, kita melihat bahwa mereka tidak takut untuk mengikuti visi mereka, dan mereka terus mengekspresikan diri secara kreatif melalui karya mereka. Beberapa sutradara film dan produser terkenal dianggap sebagai auteur karena gaya artistik mereka yang unik. Dalam nada yang sama, para wirausahawan  dan miliarder saat ini selalu blak-blakan tentang visi mereka, bahkan jika itu bertentangan dengan keinginan mereka sendiri.

3. Kamu Tidak Mengharapkan Orang Lain Melakukan Sesuatu untuk Dirimu

Tahukah kamu, bahwa da banyak sekali manusia di luar sana yang sama sekali tidak mampu bertindak atas diri mereka sendiri? Jadi mereka hanya duduk-duduk santai sambil menunggu waktu yang akan menyelesaikan masalah mereka sendiri. Mereka akan memanggil teman-teman mereka, keluarga, atau bahkan rekan kerja untuk mendapatkan bantuan dan dukungan yang terlalu sering, dan mereka selalu mengeluh tentang segudang masalah sepele yang membuat mereka tidak mencapai tujuan mereka.

Sedangkan, di sisi lain, orang-orang yang benar-benar sukses lebih suka mengambil barang-barang dengan tangan mereka sendiri—tanpa seseorang yang melayaninya, tanpa berpangku tangan—dan mereka bertanggung jawab penuh atas tindakannya itu.

4. Kamu Selalu Menjaga Barang-barang Terorganisir dengan baik

Setiap kali kamu mendengar seseorang dengan tingkat keberhasilan apapun berbicara tentang bagaimana mereka berkembang dalam kekacauan, kemungkinan besar mereka hanya memiliki cara yang sangat unik untuk mengatur file mereka. Ada orang-orang yang bekerja paling baik ketika duduk di tengah tumpukan kertas besar atau melihat bolak-balik dari ponsel ke layar laptop mereka dengan lebih dari selusin tab yang terbuka. Namun, jika kamu melihat lebih dekat: ada sebuah metode pada kegilaan yang mereka lakukan itu. Dan kemungkinan besarnya, itu suatu hal yang unik.

Tidak masalah apakah kamu benar-benar sistematis tentang pekerjaanmu dan menyukai segala sesuatunya berada pada tempat yang tepat, atau kamu lebih suka membiarkan pikiranmu terbang bebas dan membiarkan pekerjaan-pekerjaanmu tersebar di seluruh ruangan. Terserah. Namun selagi kamu dapat dengan mudah menemukan apa yang kamu butuhkan supaya dapat bekerja secara efisien, maka kamu dapat menganggap dirimu terorganisir ... dan hal itu tidak semua orang memilikinya.

5. Kamu Memiliki Kemauan Besar untuk Berkembang

Tidak semua orang memiliki banyak ambisi. Sebagian besar dari mereka mungkin telah ditahan oleh ketakutan-ketakutan bahwa mereka tidak akan dapat menanganinya secara efektif. Hal ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti: mereka mungkin tidak cukup kreatif atau mereka mungkin malas dan terbiasa menerima dalam jumlah yang sedikit jika itu berarti mereka tidak harus bekerja lebih keras.

Lalu ada orang-orang yang memiliki hasrat yang membara untuk terus berkembang, mempelajari hal-hal baru, mengambil keterampilan baru, dan mengorbankan segala kesenangan dan kenikmatan yang ada pada saat sekarang supaya mereka bisa lebih bahagia di masa yang akan datang. Kelompok yang terakhir inilah kelompok yang akan terus meningkat dari waktu ke waktu, menyelesaikan berbagai hal satu demi satu, melangkah naik selangkah demi selangkah, terus ... hingga sampai pada puncak.

6. Kamu Tidak Merasa Sungkan untuk Meminta Nasihat

Ada sebuah klise lucu tentang pria yang terlalu bangga untuk menanyakan arah: siapa pun yang tersesat dan tidak memiliki petunjuk sama sekali, tapi berpikir bahwa meminta bantuan adalah pertanda kelemahan ... itu benar-benar bodoh.

Saya mengerti bahwa ada beberapa ego yang cukup rapuh, tetapi mereka yang tidak takut untuk meminta bantuan dan saran akan mengatasi hambatan lebih cepat, mendapatkan banyak wawasan yang bermanfaat, dan akan dapat menerapkan apa yang telah mereka pelajari di masa depan. Rasa bangga yang salah akan memastikan bahwa kamu tidak pernah membuat kemajuan serius.

7. Kamu Tegas dan Percaya Diri

Kamu mungkin tidak terlalu memikirkan sikap positif terhadap kehidupan, atau fakta bahwa kamu cukup senang dengan diri sendiri dan situasi pada saat ini, tapi percayalah, kepercayaan diri adalah pengubah permainan yang sesungguhnya.

Yang diperlukan untuk tetap termotivasi dan tetap fokus pada tujuan yang kamu miliki adalah dengan percaya pada diri sendiri. Jika kamu tidak pernah meremehkan kemampuan yang ada pada dirimu sendiri, jangan biarkan orang lain mendorongmu atau menerkam dirimu layaknya mangsa lemah ketika ada peluang yang bagus untuk melakukannya, maka kamu memiliki apa yang diperlukan untuk meraih sukses.

8. Kamu Melihat Kegagalan Sebagai Pembelajaran dan Sumber Motivasi

Masalah yang dihadapi sebagian besar orang adalah mereka membiarkan diri mereka dikalahkan dengan mudah. Tentu saja, kita semua mengacau dari waktu ke waktu, dan bahkan gagal total ketika mencoba hal-hal baru, tapi itu bukan alasan untuk mulai menggerutu dan meneriakkan kata-kata kotor sambil melambaikan tinjumu ke langit dan kemudian menyerahkan semua harapan. Jangan. Jangan seperti itu.

It's okay kamu telah gagal ... bahkan kalau bisa berharaplah itu lebih dari sekali. Kenapa? Karena jika kegagalan itu kamu jadikan sebagai sebuah pembelajaran, itu berarti kamu telah belajar untuk melakukan hal-hal yang berbeda di lain waktu.

Coba lihatlah figur-figur yang menjadi inspirasi dan motivasi para pejuang kesuksesan di seluruh belahan bumi manusia ini: Bahwa sejatinya mereka adalah orang-orang yang menggunakan kegagalan untuk memicu keinginan mereka untuk menjadi lebih baik, dan berhasil belajar dari semua kesalahan yang mereka buat di sepanjang jalan ... merekalah orang-orang yang terus berusaha mencapai kebesaran.

9. Kamu Mampu untuk Tetap Tenang dan Logis Selama Situasi Stres

Pernahkah kamu merasa bahwa orang lain memiliki kecenderungan untuk menjadi sedikit terlalu panas tentang hal-hal kecil? Apakah kamu mengalami kesulitan memahami bagaimana beberapa orang dapat membiarkan wajah mereka memerah karena naik pitam dan mulai memutuskan segala sesuatunya secara sepihak? Jika ya, maka kamu adalah salah satu dari sedikit orang yang dapat mengendalikan emosi mereka selama diskusi serius, kritis, dan situasi stres lainnya.

10. Kamu Selalu Memperhatikan Orang-orang di Sekitarmu

Ciri-ciri yang sering dikaitkan dengan kepribadian alfa (pemimpin alami) adalah kepercayaan dan keberanian. Dan ada satu lagi yang orang sering lupa tentang sifat alfa yang paling penting: empati.

Ya, kamu membacanya dengan benar. Jika seseorang ingin menjadi pemimpin yang baik, maka ia harus mampu untuk memelihara kelompoknya, untuk memastikan bahwa setiap orang mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk merasa aman dan terlindungi.

Ini membutuhkan kompromi, keterampilan komunikasi, pemikiran cepat dan beberapa keputusan sulit, tetapi seorang pemimpin selalu berusaha untuk membuat rakyatnya tetap bahagia. Jika kamu hanya menjaga diri sendiri, kamu tidak akan terlalu jauh, atau kamu akan jatuh secepat kamu bangkit. Ironis bukan?


Pernahkah terlintas di benak anda; kenapa seorang 'pejuang' disebut demikian? Jawabannya adalah karena ia teguh dan gigih dengan apa yang menjadi tujuannya.

Demikianlah 10 hal yang dapat menjadi pertanda yang menunjukan bahwa kamu akan sukses jika memilikinya. Jika kamu menunjukkan beberapa dari tanda-tanda ini, kamu mungkin memiliki beberapa bakat yang tidak aktif yang akan memungkinkanmu untuk mencapai beberapa tujuan terbesar dalam hidupmu—dengan pengecualian jika kamu dapat belajar untuk memanfaatkan kekuatan-kekuatan itu. 

Dan tentu saja kamu masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan kerja keras untuk mewujudkannya—bahkan (mungkin) kamu butuh sedikit keberuntungan di dalamnya, tapi satu hal yang pasti: kamu pasti memiliki keunggulan jika kamu sudah menunjukkan beberapa sifat positif seperti yang telah disebutkan di atas.

Ahmad Ali Buni

No comments:

Post a Comment

SUBSCRIBE