Keutamaan Sholat Tarawih dari Malam Pertama hingga Malam Terakhir

By Ahmad Ali Buni - 5/06/2019

keutamaan sholat tarawih malam pertama hingga malam terakhir

Bulan Suci Ramadhan telah tiba dan umat muslim di seluruh dunia menyambutnya dengan penuh suka cita.

Seperti yang kita semua ketahui, terdapat beberapa keistimewaan-keistimewaan tertentu yang tidak bisa kita dapati di bulan-bulan lainnya. Seperti halnya sholat tarawih, yang mana sekaligus menjadi tanda dimulainya bulan yang penuh berkah ini.

Dan sudah menjadi hal yang umum (di Indonesia) jika Ramadhan tiba, masjid-masjid yang tadinya sepi saat waktu sholat isya', mendadak menjadi ramai karena adanya sholat tarawih (dan tadarus bersama setelahnya). Kalau menurut saya pribadi inilah yang disebut dengan Semangat Ramadhan.

Ya, setelah sholat isya', kita umat muslim biasanya melaksanakan sholat tarawih—ada yang 11 rakaat dan ada yang sampai dengan 23 rakaat—yang ditutup degan sholat witir. Banyak sekali yang rakaatnya? Ya, jujur, saya sendiri terkadang ngos-ngosan mengikuti gerakannya sang imam (yang cenderung cepat—ciri tarawih yang ada di masjid di daerah tempat saya tinggal). Dan hal ini juga yang kiranya menjadi pertanyaan beberapa orang:

"Kenapa kita harus bersusah-payah mendirikan sholat hingga belasan rakaat setelah seharian penuh berpuasa?"

Karena sungguh akan sangat disayangkan jika kita hanya berpuasa di siang hari namun begitu saja melewatkan sholat tarawih di malam harinya. Kenapa? Tentu karena sholat tarawih itu sendiri sangat besar pahalanya.

Dari Abu Hurarirah RA, Rasulullah SAW bersabda:
"Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan atas dasar iman dan mencari pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari)

Sebagaimana yang diterangkan oleh Imam Nawawi, qiyam Ramadhan yang dimaksudkan dalam hadis di atas adalah shalat tarawih.

Keutamaan Tarawih Malam Ke-1 sampai Malam Ke-30

Selain itu, setiap sholat tarawih pada masing-masing malamnya memiliki keutamaan yang berbeda-beda. Seperti yang terdapat dalam kitab Durratun Nasihin oleh Syekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir al-Khaubawiyyi, yang mana dalam bab Keistimewaan Bulan Ramadhan diuraikan tentang keutamaan sholat tarawih dari malam yang pertama sampai dengan malam yang terakhir, sebagai berikut:

Dari Ali bin Abi Thalib RA, bahwa dia berkata: Rasulullah SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan, kemudian baginda Rasul menjawabnya dengan bersabda:

Tarawih Malam Ke-1

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang pertama, maka ia akan keluar dari dosa dosa sebagaimana ia baru di lahirkan oleh ibunya.

Tarawih Malam Ke-2

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kedua, maka ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya jika keduanya mukmin.

Tarawih Malam Ke-3

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang ketiga, maka malaikat yang ada di Arsy berdoa kepada Allah SWT agar diampuni dosanya.

Tarawih Malam Ke-4

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keempat, maka ia akan memperolah pahala dari orang-orang yang membaca kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur'an.

Tarawih Malam Ke-5

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kelima, maka Allah SWT akan memberikan pahala sebagaimana pahalanya orang-orang yang sholat di Masjidil Haram, Masjid Madina, dan Masjidil Aqsa.

Tarawih Malam Ke-6 

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keenam, maka Malaikat yang tawaf di Baitul Makmur (70Ribu malaikat) serat batu2 dan tanah mendoakan orang2 yang melaksanakan sholat tarwih pada malam ini.

Tarawih Malam Ke-7

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang ketujuh, maka ia akan memperoleh pahala seakan-akan bertemu dengan Nabi Musa dan berjuang mengalahkan musuh sengitnya yaitu Fir'aun dan Hamman.

Tarawih Malam Ke-8

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kedelapan, maka ia akan memperoleh pahala yang dilakukan nabi Ibrahim AS.

Tarawih Malam Ke-9

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kesembilan, maka seolah-olah ia beribadah sebagaimana ibadah-ku (Rasulullah SAW).

Tarawih Malam Ke-10

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kesepuluh, maka Allah SWT akan mengaruniakan kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.

Tarawih Malam Ke-11

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kesebelas, maka ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.

Tarawih Malam Ke-12

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduabelas, maka mukanya akan bercahaya bagai purnama ketika hari kiamat datang.

Tarawih Malam Ke-13

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang ketigabelas, maka ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan sentosa, terlepas dari segala kejelekan dan keburukan

Tarawih Malam Ke-14

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keempatbelas, maka malaikat akan datang dan menyaksikannya melaksanakan sholat tarawih serta Allah SWT akan melindunginya pada hari kiamat.

Tarawih Malam Ke-15

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kelimabelas, maka semua malaikat yang memikul Arsy memohonkan ampun atas dosa-dosanya.

Tarawih Malam Ke-16

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keenambelas, maka Allah SWT akan menuliskan kepadanya terlepas dari azab neraka dan dimasukkan ke surga.

Tarawih Malam Ke-17

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang ketujuhbelas, maka pahala sholat tarawihnya pada malam itu disamakan derajatnya dengan pahala para Nabi.

Tarawih Malam Ke-18

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kedelapanbelas, maka para malaikat berseru kepadanya: "Wahai hamba Allah, sesungguhnya Allah SWT telah ridha kepadamu, dan kepada ibu bapakmu baik yang masih hidup maupun yang sudah mati."

Tarawih Malam Ke-19

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang kesembilanbelas, maka Allah SWT akan menaikkan derjatnya ke dalam Firdaus.

Tarawih Malam Ke-20

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluh, maka Allah SWT akan mengaruniakan kepadanya pahala para syuhada yang mati syahid dan pahala orang-orang saleh.

Tarawih Malam Ke-21

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhsatu, maka Allah SWT akan membangunkan untuknya sebuah gedung dari cahaya.

Tarawih Malam Ke-22

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhdua, maka Allah SWT akan menjamin kita datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.

Tarawih Malam Ke-23

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhtiga, maka Allah SWT akan membangunkannya sebuah kota di dalam surga.

Tarawih Malam Ke-24

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhempat, maka akan dikabulkan oleh Allah SWT dua puluh empat (24) macam doanya.

Tarawih Malam Ke-25

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhlima, maka Allah SWT akan membebaskannya dari azab kubur.

Tarawih Malam Ke-26

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhenam, maka ia akan mendapat pahala dari Allah SWT untuk 40 tahun.

Tarawih Malam Ke-27

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhtujuh, maka ia akan melewati jembatan Shirathal Mustaqim secepat kilat.

Tarawih Malam Ke-28

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhdelapan, maka ditinggikan derjatnya di surga 1000 derajat.

Tarawih Malam Ke-29

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang keduapuluhsembilan, maka ia akan mendapat pahala dari Allah SWT bagaikan 1000 kali pahala Naik Haji.

Tarawih Malam Ke-30

Barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih pada malam yang ketigapuluh, Allah SWT berfirman: "Makanlah olehmu buah buahan surga, mandilah kamu dengan air Salsabil, minumlah oleh mu air al-Kautsar, Akulah Tuhanmu dan engkaulah hamba-Ku."

#Hikmah:

Demikian uraian keutamaan sholat tarawih dari hari pertama hingga terakhir, yang diharapkan dapat menjadi lecut semangat bagi kita semua. Amin.

Jadi bagaimana? Masih merasa malas untuk sholat tarawih karena kekenyangan saat berbuka puasa? Tips-nya sederhana saja, sih, sebenarnya: Begitu adzan berkumandang, langkahkan saja kaki ke masjid; selanjutnya kalian akan tahu sendiri begitu sampai di sana .... 😄

Salam.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments